Welcome to my Support Blog!
Halooo... kawan-kawan, semua artikel saya ada di sini yaaa...

Kamis, 12 April 2012

Apakah yang dimaksud dengan ping.chartbeat.net?



Beberapa saat yang lalu saya membuka situs saya dan tiba-tiba melihat ping.chartbeat.net di bagian footer di situs saya. Saya tidak tahu tentang hal itu dan saya tidak merasa telah membutuhkan sesuatu dari situs tersebut. Saya tidak pernah menggunakan chartbeat.net, jadi saya tahu itu bukan ajax atau semacamnya.

Cobalah buka situs chartbeat.net. Di situ ada penjelasan bahwa layanan mereka adalah untuk melakukan pemantauan dan analisis terhadap suatu situs. Apa maksudnya? Ini berarti, ketika sebuah situs memeriksa situs lain, seringkali untuk memastikan apakah situs tersebut online. Jika tidak online, maka pemilik situs akan mendapatkan kiriman email, pesan teks dan/atau telepon sehingga mereka tahu bahwa situs mereka sedang “down” atau tidak aktif. Selain itu, chartbeat.net juga melacak halaman yang menghasilkan lalu lintas terbanyak dan berbagai rincian lainnya. Situs chartbeat.net tidak banyak memberikan penjelasan tentang apa yang ping.chartbeat.net lakukan di sebuah situs, jadi saya terus mencari jawabannya. Saya juga ingin memberitahukan bahwa chartbeat menggunakan Mootools.

Kemudian saya melakukan hal berikutnya, saya melakukan pencarian di Google Search. Ada begitu banyak hasil. Banyak orang menanyakan tentang ping.chartbeat.net yang muncul di bagian footer situs mereka serta memperlambat loading dari browser. Sebenarnya, itu hanyalah sebuah script kecil dan diletakkan di bawah iklan, jadi hal ini bukanlah merupakan masalah yang besar.

Ketika saya membaca situs chartbeat lagi, di dalam FAQ mereka, saya menemukan hal-hal sbb:

Apakah akan memperlambat situs saya?
Tidak. Javascript ini diletakkan di bagian bawah halaman Anda dan tidak menahan loading time situs Anda. File tersebut juga menggunakan webhost di CDN CloudFront Amazon dan ukurannya sangat kecil.

Bagaimana chartbeat bekerja?
Setelah Anda meng-install chartbeat di situs Anda, pengguna akan mulai melakukan ping chartbeat setiap 10 detik. Hal ini terjadi secara halus dan berada di posisi latar belakang (asynchronous), sehingga tidak memiliki dampak pada saat browsing.

Ping yang sedang berlangsung seolah-olah bertindak sebagai detak jantung mereka, dan memberitahu kita bahwa mereka masih berada di halaman situs kita, dan menandai bahwa mereka sedang melakukan sesuatu pada halaman tersebut (seperti membaca, menulis atau idle).
Jadi sebenarnya, ping.chartbeat.net melakukan hal yang baik. Ini menunjukkan bahwa kehadiran Anda di halaman situs Anda, sebagai suatu indikator bahwa situs Anda sedang aktif. Saya menemukan posting blog ini sangat baik untuk mengkonfirmasikan bahwa ping.chartbeat.net tidak merugikan. Adalah baik, ketika sebuah perusahaan dapat memberikan respon kepada pengguna melalui posting blog mereka tentang bug-tracking di browser  Firefox.

Saya berharap keterangan ini dapat mengungkapkan misteri tentang ping.chartbeat.net.



Keterangan tambahan :
Apabila teman-teman tetap ingin agar tulisan ping.chartbeat.net ini tidak muncul di situs teman-teman, Oyah memberikan tips, dengan catatan kita menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser default sbb :

1. Aktifkan browser Firefox Anda.
2. Pilih/klik "Tools" di bagian menu browser.
3. Klik "Options", lalu klik "Privacy", lalu klik "Use custom settings for history", lalu klik "Exceptions".
4. Setelah muncul dialog box "Exceptions - Cookies" ketik "ping.chartbeat.net" tanpa tanda kutip. Lalu klik "Block", setelah itu klik "Close", lalu klik "OK".
5. Maka selesailah sudah, ping.chartbeat.net tidak akan muncul lagi ketika browsing situs kita.



























-----ooo000ooo-----

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar terbaru...

Please comment & follow me, I'll follow u 2, tyvm!!!